Dafanya Image 1. Manfaat Menjaga Amanah

Menjadi orang yang amanah tentunya dambaan banyak orang. Dalam proses menjadi orang dengan sifat amanah ini tentunya akan berhadapan dengan rintangan dan halangan. Dengan proses yang penuh dengan rintangan ini, tentunya akan menghasilkan hasil yang indah. Hasil yang indah dalam berproses menjadi orang yang amanah ini bermacam-macam, loh.

Terjalin hubungan yang baik antara kita dan pemberi amanah adalah salah satu manfaat sifat amanah. Hubungan yang baik ini tentunya akan berdampak baik juga pada kita maupun orang di sekeliling kita nantinya. Di samping itu, Allah swt. juga menyukai hubungan yang baik antar manusia, hal ini tertulis pada surah An-Nisa ayat 1 yang berarti, “…Bertakwalah kepada Allah yang dengan nama-Nya kamu saling meminta dan (peliharalah) hubungan kekeluargaan…”

Dari hubungan baik ini, orang di sekeliling kita akan merasa aman dan nyaman berada di dekat kita. Kita juga akan dicap sebagai orang yang dapat dipercaya. Rasa percaya ini dapat menuntun kita untuk mendapat tanggung jawab atau kepercayaan yang lebih besar.

Terakhir, Allah swt. memerintahkan kita agar menjaga amanah. Hal ini tertulis pada surah Al-Anfal ayat 27 yang memiliki arti, “Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul dan (juga) janganlah kamu mengkhianati amanat yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui.”