Hari Lebaran pasti tidak jauh dengan masakan opor, ketupat, sambal goreng kentang dan hati ayam, bahkan ada yang memasak rendang. Tidak jarang pula makanan ini dikonsumsi tiga kali sehari, yaitu saat sarapan, makan siang, dan makan malam. Jika kita lihat persamaan antara lauk-lauknya, yaitu rendang dan opor, kedua lauk ini sama sama menggunakan santan sebagai bahan masakannya. Konsumsi santan yang berlebihan tentu tidak baik bagi tubuh kita. Untuk itu, kita perlu untuk menjaga kesehatan kita setelah mengonsumsi pada saat hari Lebaran. Apa saja yang bisa kita lakukan?

1. Jangan Malas Berolahraga

Dafanya Ilustration 1. Jaga Kesehatan mu Setelah Lebaran dengan Cara Ini!

Biasanya saat berpuasa orang-orang akan berhenti olahraga untuk sementara waktu. Hal ini dikarenakan saat berpuasa kita tidak memiliki banyak energi dan tenaga. Saat hari Lebaran tentunya sudah tidak berpuasa kan #DFsister. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk berolahraga. Agar tubuh kita tetap fit setelah mengonsumsi makanan-makanan bersantan saat hari Lebaran.

2. Minum Jus

Dafanya Ilustration 2. Jaga Kesehatan mu Setelah Lebaran dengan Cara Ini!

Buat #DFsister yang suka mengonsumsi minuman manis, sebaiknya kurangi dulu ya. Lebih baik lagi kalau kamu bisa menghindarinya. Sebab mengonsumsi gula terlalu banyak bisa memicu obesitas. Kalau kamu masih ingin mengonsumsi minuman manis, jus atau smoothie bisa jadi solusinya! Eits, tapi pastikan tidak ada tambahan gula di dalamnya ya.

3. Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah

Dafanya Ilustration 3. Jaga Kesehatan mu Setelah Lebaran dengan Cara Ini!

Tips terakhir dari Dafanya Scarf adalah makan sayur dan buah. Kalau #DFsister sibuk dan gak sempet masak, kamu bisa beli sayur yang sudah matang di warung dekat tempat tinggal mu. Perlu diingat kalau sayur dan buah mengandung banyak vitamin, mineral dan serat yang dapat menjadi antioksidan bagi tubuh kita.