Dafanya Ilustration 1. Pentingnya Sifat Jujur

Tidak hanya pada masa kini, sejak dulu pun sifat jujur juga penting. Dengan sifat jujur, kita dapat mendapat kepercayaan dari orang sekitar serta meningkatkan rasa percaya diri saat berucap maupun bertindak.

Sikap jujur dapat diterapkan melalui ucapan dan tindakan. Dalam ucapan dapat diterapkan dengan berucap yang benar dan tidak mengurangi atau menambahkan. Sedangkan, dalam tindakan dapat diterapkan salah satunya dengan mengakui kesalahan yang diperbuat. 

Membiasakan diri dengan sikap jujur dapat diterapkan dalam berbagai lingkungan, seperti lingkungan keluarga, lingkungan pertemanan, dan lingkungan pekerjaan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, dengan jujur kita dapat mendapat kepercayaan dari orang lain. Dalam lingkungan keluarga dan pertemanan, kita tentunya akan dipercaya oleh keluarga dan teman kita. 

Sedikit berbeda dengan lingkungan pekerjaan, setelah kita dipercaya tidak menutup kemungkinan kita akan diberikan tanggung jawab yang lebih besar. Di samping itu, sikap yang tidak jujur tidak disukai oleh Allah swt. Hal ini tertulis pada Surah Al-Muthaffifiin ayat 1 yang memiliki arti, “Celakalah bagi orang-orang yang curang (dalam menakar dan menimbang)!”