Beragam Cerita Dari Baju Lebaran

Dafanya Ilustration 1. Beragam Cerita Dari Baju Lebaran

Hari Lebaran tidak hanya identik dengan kumpul bersama keluarga dan opor ayam, namun, juga baju baru. Bahkan, ada beberapa orang yang merasa hari Idulfitri nya tidak afdol jika tidak mengenakan baju baru. Hal inilah yang dimanfaatkan para pedagang pakaian dengan memberikan promo besar-besaran berupa potongan harga, cashback, atau promo bundling produk dengan harga yang lebih terjangkau.

Di daerah Jakarta sendiri, tempat berbelanja baju yang umum didatangi masyarakat adalah Pasar Tanah Abang. Tidak hanya harganya yang murah, variasi yang ditawarkan pun beragam. Akan tetapi, juga ada beberapa orang yang memilih untuk tidak berbelanja baju di Pasar Tanah Abang. Salah satu yang menjadi alasannya adalah ramainya keadaan pasar menjelang hari Idulfitri, ditambah dengan cuaca panas yang membuat tubuh semakin terasa gerah.

Berbelanja secara daring menjadi solusi bagi masyarakat yang tidak ingin berdesak-desakkan di pasar. Di sisi lain, kekurangan berbelanja secara daring adalah tidak bisa mengecek barang secara langsung. Kita juga tidak dapat melihat warna yang kita mau secara reali. Hal ini ditambah dengan kualitas foto atau handphone yang terkadang merubah warna baju. Akan tetapi, berbelanja secara daring juga memberikan keuntungan, yaitu, tidak perlu berdesak-desakkan untuk membeli baju.

Membeli baju secara daring juga memiliki arti bahwa kita tidak dapat mencoba kesesuaian ukuran baju dengan tubuh kita. Membeli baju lebaran secara daring maupun tidak, memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Akan tetapi, hal ini tidak mengurangi rasa bersyukur kita karena telah melewati bulan Ramadan hingga dapat mencapai hari yang fitri.

Momen Tidak Terlupakan Saat Lebaran

Idulfitri udah lewat nih #DFsister. Gimana hari Lebaran kalian? Dapat THR banyak gak? Pastinya pas hari Lebaran kemarin banyak momen yang cuma terjadi pas Idulfitri. Dari momen diri sendiri atau pun momen bersama orang lain, seperti keluarga dan kerabat. Mindaf mau ceritain beberapa momen yang cuma ada pas Idulfitri nih!

Sebelum Idulfitri, pastinya puasa dulu dong. Nah, pas puasa ini pasti bakal ada war tiket angkutan umum, seperti kereta, bis, dan pesawat. Gak jarang pasti banyak #DFsister yang rela bergadang demi tiket mudik. Hayo ngaku siapa nih yang udah rela bergadang terus malah gak dapat tiket mudik? Soalnya Mindaf gitu huhu. 

Dafanya Ilustration 1. Momen Tidak Terlupakan Saat Lebaran

Udah pusing mikirin war tiket, ternyata malah gak dapat. Waktu ada tiket yang bisa dibeli, harganya dua kali lipat dari harga normal, bahkan ada yang sampe jutaan! Akhirnya coba cek alternatif transportasi umum lain, pas dilihat, ternyata sama juga harganya naik dua kali lipat, ada juga yang sampe tiga kali lipat. Pusingnya malah jadi makin bertambah habis liat harga tiket transportasi lain. Perkara tiket mudik jadi mikir apa gak usah mudik aja ya daripada harus keluar uang banyak.

Habis mikirin tiket, tiba-tiba udah mudik aja nih. Apa yang ada di pikiran #DFsister kalau denger kata ‘mudik’? Pasti ada kata ‘macet’ kan? Macet ini juga jadi salah satu ciri khas dari Idulfitri. Mulai dari transportasi pribadi sampai transportasi umum kena macet semua. Buat yang mudik pakai kereta, saat perjalanan pergi dan pulang dari stasiun pasti juga akan terkena macet. 

Dafanya Ilustration 2. Momen Tidak Terlupakan Saat Lebaran

Keadaan macet tentu bikin perjalanan terhambat, tetapi, di tengah kemacetan kita juga dapat melihat keberagaman orang-orang yang mudik. Terjebak macet hingga waktu buka puasa tiba? Jangan khawatir! Di momen seperti ini pasti banyak warga sekitar yang berjualan takjil seperti es buah, es kelapa muda, atau sekadar es teh. Hitung-hitung sekalian ngerasain buka puasa di tengah kemacetan, kan.

Gimana Rasanya Lebaran Sendirian di Kota Rantau?

Dafanya Ilustration 1. Lebaran di Kota Rantau

Hari Lebaran identik dengan berkumpul bersama keluarga besar, apalagii saudara-saudara yang tinggal jauh dengan kita biasanya akan pulang kampung. Akan tetapi, bagaimana jika Idulfitri dirayakan sendiri di kota rantau yang tidak ada saudara dan kerabat kita sama sekali?

Sedih dan sepi. Mungkin dua kata ini yang bisa menggambarkan perasaan seseorang yang sendirian di kota rantau saat Idulfitri. Makanan khas Idulfitri, seperti opor, ketupat, dan sambal goreng kentang tidak bisa dinikmati di kota rantau. Tidak hanya sekadar menikmati, pada makanan-makanan yang dimasak ini memiliki rasa yang berbeda karena dimasak oleh keluarga yang menanti kita pulang. 

Tidak melulu tentang rasa sedih, terpisah dengan keluarga saat Idulfitri mengajarkan pada kita betapa berharganya waktu yang kita habiskan bersama keluarga. Di era modern ini, banyak cara yang dapat kita lakukan untuk berkomunikasi, seperti melalui video call, zoom, atau google meet. Setidaknya, dengan cara ini bisa sedikit mengobati rasa rindu dan sepi kita.

Buat mengurangi rasa sedih mu di kota rantau sendirian, #DFsister bisa menonton film atau series yang kamu suka. Mumpung liburan jadi pasti bisa nyelesaiin nontonnya. Kamu juga bisa nyelesaiin buku yang pengen kamu baca atau masak-masak sendiri. Oh iya, jangan lupa buat stock makanan ya! Karena biasanya saat Idulfitri sebagian besar warung makanan bakal tutup.

Jaga Kesehatan mu Setelah Lebaran dengan Cara Ini!

Hari Lebaran pasti tidak jauh dengan masakan opor, ketupat, sambal goreng kentang dan hati ayam, bahkan ada yang memasak rendang. Tidak jarang pula makanan ini dikonsumsi tiga kali sehari, yaitu saat sarapan, makan siang, dan makan malam. Jika kita lihat persamaan antara lauk-lauknya, yaitu rendang dan opor, kedua lauk ini sama sama menggunakan santan sebagai bahan masakannya. Konsumsi santan yang berlebihan tentu tidak baik bagi tubuh kita. Untuk itu, kita perlu untuk menjaga kesehatan kita setelah mengonsumsi pada saat hari Lebaran. Apa saja yang bisa kita lakukan?

1. Jangan Malas Berolahraga

Dafanya Ilustration 1. Jaga Kesehatan mu Setelah Lebaran dengan Cara Ini!

Biasanya saat berpuasa orang-orang akan berhenti olahraga untuk sementara waktu. Hal ini dikarenakan saat berpuasa kita tidak memiliki banyak energi dan tenaga. Saat hari Lebaran tentunya sudah tidak berpuasa kan #DFsister. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk berolahraga. Agar tubuh kita tetap fit setelah mengonsumsi makanan-makanan bersantan saat hari Lebaran.

2. Minum Jus

Dafanya Ilustration 2. Jaga Kesehatan mu Setelah Lebaran dengan Cara Ini!

Buat #DFsister yang suka mengonsumsi minuman manis, sebaiknya kurangi dulu ya. Lebih baik lagi kalau kamu bisa menghindarinya. Sebab mengonsumsi gula terlalu banyak bisa memicu obesitas. Kalau kamu masih ingin mengonsumsi minuman manis, jus atau smoothie bisa jadi solusinya! Eits, tapi pastikan tidak ada tambahan gula di dalamnya ya.

3. Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah

Dafanya Ilustration 3. Jaga Kesehatan mu Setelah Lebaran dengan Cara Ini!

Tips terakhir dari Dafanya Scarf adalah makan sayur dan buah. Kalau #DFsister sibuk dan gak sempet masak, kamu bisa beli sayur yang sudah matang di warung dekat tempat tinggal mu. Perlu diingat kalau sayur dan buah mengandung banyak vitamin, mineral dan serat yang dapat menjadi antioksidan bagi tubuh kita.

Momen yang Hanya Terjadi Saat Lebaran

Dafanya Ilustration 1. Momen yang Hanya Terjadi Saat Lebaran

Hari Lebaran pasti ditunggu-tunggu kaum muslim. Idulfitri ini sering dimaknai sebagai hari kemenangan bagi kaum muslim karena telah selesai melaksanakan puasa selama bulan Ramadan. Hari Lebaran ini juga identik dengan berbagai hal atau momen yang Cuma terjadi setahun sekali. #DFsister bisa sebutin gak nih apa aja?

Satu hari sebelum Idulfitri pasti ada tradisi takbiran yang biasa dilakukan kaum muslim. Takbiran biasanya dilakukan sambil mengelilingi kota atau lingkungan perumahan. Ada yang berkeliling dengan berjalan kaki, ada juga yang menggunakan kendaraan. Biasanya, para peserta ini memiliki dekorasi pada pakaian atau barang-barang yang mereka bawa saat takbiran.

Momen lain yang berkaitan erat dengan hari Lebaran adalah mudik. Siapa nih #DFsister yang mudik tahun ini? Mudik bisa dilakukan dengan berbagai transportasi, dari kendaraan umum hingga kendaraan pribadi. Ngomongin mudik, biasanya harga tiket kendaraan umum bakal susah dicari nih. Jadi kalau #DFsister mau mudik pakai kendaraan umum, lebih baik beli tiketnya dari jauh-jauh hari ya!

Nah, yang paling melekat sama hari Lebaran ya waktu kumpul sama keluarga besar, apalagi dengan keluarga yang tinggal jauh dengan kita. Kalau ketemu, antara banyak ngobrol atau banyak diem karena awkward lama gak ketemu. Gimana pun, melihat wajah keluarga kita aja pasti udah bikin rasa rindunya terobati. Ada lagi gak nih momen yang cuma ada pas hari Lebaran?